breaking news

Menteri Pemuda dan Olahraga Pastikan Bangun Sirkuit F1 di Jembrana

Menteri Pemuda dan Olahraga Pastikan Bangun Sirkuit F1 di Jembrana

Maret 8th, 2015
Berita

Menpora Imam Nahrawi memastikan akan membangun venue internasional di Bali. Menpora mengaku telah menerima usulan dari Pemprov Bali terkait pembangunan venue tersebut.

“Kemarin ada usulan pembangunan venue internasional di Bali. Bikin sirkuit otomotif, untuk moto GP dan F1,” kata Imam Nahrawi kepada Tribun Bali di Harian Pagi Surya Surabaya, Selasa (9/12) petang.

Imam mengatakan, pembangunan venue internasional itu karena Bali merupakan destinasi internasional. Tinggal menaikan grade-nya sudah menjadi rujukan olahraga internasional.

Khusus soal otomotif internasional, Menpora menyebutkan, masih menunggu koordinasi bersama PP IMI, karena tidak mungkin Pemprov Bali membangun semdiri dari dana APBN.

“Karena itu harus melibatkan pihak swasta,” katanya.

Ketua KONI Bali, I Ketut Suwandi mengakui adanya rencana pembangunan venue internasional di Bali.

Menurutnya, telah ada pembicaraan antara Pemprov, KONI Bali dan Pemerintah Pusat. Bahkan lahan milik Pemprov Bali telah disiapkan.

“Lokasi lahan sudah ada. Di Pecatu Kabupaten Badung diusulkan untuk pembangunan Stadion Utama Olahraga di Bali di lahan milik Pemerintah Provinsi Bali,” katanya.

Menunutnya, Pemkab Badung dan Pemprov Bali telah mendukung pembangunan stadion utama itu. Bahkan papan pengumuman pembangunan sudah dipasang di lahan itu.

“Lahan di Pecatu kurang lebih 23 hektare,” katanya. Sementara itu lahan di Jembrana, disiapkan 123 hektare untuk pembangunan sirkuit otomotif internasional.

Terkait pendanaan, menurut Suwandi, bisa sharing dana antara Pemerintah Pusat dan daerah serta pihak swasta. “Terkait dana yang dibutuhkan, belum bisa diprediksi, karena harus melihat kapasitas stadion atau venue tersebut,” katanya. (*)

Source : TRIBUN-BALI.COM, SURABAYA 

Comments are closed.